Minggu, 22 November 2020

materi ajar bahasa lampung , senin 23 november 2020

 





RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)

Anak  soleh solehah  silahkan baca materi tema 3 tokoh dan penemu
lihat buku cetak halaman 39-52



VII. Proses Pembelajaran
Kegiatan pendahuluan/Apersepsi
1) Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. 
2) Guru membiasakan mengajak peserta didik membuka pelajaran dengan Bahasa Lampung.          
3) Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian ,posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4) Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
5) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan inti
• Mengamati
Peserta didik mengamati bacaan pahlawan lampung radinintan II   
• Menanya 
Peserta didik bertanya tentang hal-hal yang terkait dengan bacaan pahlawan lampung radin intan II
Eksplorasi/eksperimen
Peserta didik melalui belajar kelompok berlatih  menjodohkan kosa kata dengan terjemahannya 
• Mengasosiasi Menalar
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikanoleh guru yang berkaitan dengan kosa kata danterjemahannya pahlawan lampung radin intan II

• Mengkomunikasikan 
Peserta didik mampu mendemonstrasikan tanya jawab dengan temannya berkaitan dengan pahlawan lampung radin intan II dengan kalimat sederhana
Penutup
• Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
• Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
• Guru mengadakan tes tulis/lisan
• Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan materi atau penanaman sikap, baik spiritual maupun sosial
• Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
• Guru mengajak berdoa dan diakhiri dengan salam


Deskripsi

Aspek Penilaian
Deskripsi
Skor
Pelafalan
Mudah dipahami dan memiliki aksen penutur asli
5

Mudah dipahami meskipun dengan aksen tertentu
4

Ada masalah pengucapan yang membuat pendengarharus konsentrasi penuh dan kadang-kadang adakesalahpahaman
3

Sulit dipahami karena ada masalah pengucapansering diminta mengulangi
2

Masalah pengucapan serius sehingga tidak bisadipahami
1
Kelancaran
Lancar seperti penutur asli
5

Kelancaran tampak sedikit terganggu oleh masalahbahasa
4

Kelancaran agak banyak terganggu oleh masalahbahasa
3

Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasanbahasa
2

Bicara terputus-putus dan terhenti sehinggapercakapan tidak mungkin terjadi
1
Kosa kata
Menggunakan kosa kata dan ungkapan sepertipenutur asli
5

Kadang-kadang menggunakan kosa kata yang tidaktepat
4

Sering menggunakan kosa kata yang tidak tepatpercakapan menjadi terbatas karena keterbatasankosa kata
3

Menggunakan kosa kata secara salah dan kosa kata terbatas sehingga sulit dipahami
2

Kosa kata sangat terbatas sehingga percakapan tidakmungkin terjadi
1
Struktur
Tidak ada atau sedikit kesalahan tata bahasa
5

Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasatetapi tidak mempengaruhi makna
4

Sering membuat kesalahan tata bahasa yang mempengaruhi makna
3

Banyak kesalahan tata bahasa yang menghambatmakna dan sering menata ulang kalimat
2

Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga sulitdipahami
1
Pemahaman
Memahami semua tanpa mengalami kesulitan
5

Memahami hampir semuanyawalau adapengulangan pada bagian tertentu
4

Memahami sebagian besar apa yang dikatakan bilabicara agak diperlambat walau ada pengulangan
3

Susah mengikuti apa yang dikatakan.
2

Tidak bisa memahami walaupun percakapansederhana
1



Deskripsi

Aspek Penilaian
Deskripsi
Skor
Kelancaran
Sangat lancar
4

Lancar
3

Lancartetapi masih tersendat
2

Sering tersendat
1
Akurasi
Semua ucapan dipahami
4

Sebagian besar ucapan sudah dapat dipahami
3

Sebagian kecil ucapan sudah dapat dipahami
2

Semua ucapan tidak dapat dipahami
1
Pelafalan
Semua ucapan benar
4

Sebagian besar ucapan benar
3

Sebagian kecil ucapan sudah benar
2

Hampir semua ucapan tidak benar
1
Intonasi
Tekanan/irama semua kata, frasakalimat benar
4

Tekanan/irama sebagian besar kata benar
3

Tekanan/irama sebagian kecil kata benar
2

Tekanan/irama semua kata salah
1

b. Keterampilan menyusun kalimat.

Aspek Penilaian
Deskripsi
Skor
Kesesuaian isi
Menanggapi tugas dengan sempurnapembahasansempurnainformasi relevan dan tepatinterpretasisangat kuat dan mendukung.
4

Mampu menanggapi tugaspembahasan mampuinformasi umumnya relevan dan tepatinterpretasiumumnya mendukung.
3

Kurang mampu menanggapi tugaspembahasandapat diterima tapi kadang tidak konsisteninformasi kadang tidak relevan/tidak tepatinterpretasi kadang tidak konsisten dengan fakta.
2

Tidak bisa menanggapi tugaspembahasan tidaklengkap dan tidak konsisteninformasi sering tidakrelevan/tidak tepatinterpretasi tidak konsistendengan fakta.
1

Mengabaikan atau kurang memahami tugas; minim pembahasaninformasi dan interpretasi tidakrelevan.


Kesesuaianlangkah retorika
Komunikasi efektifsangat konsisten dengan bentukteks khususungkapan tertata dengan baik danteraturhubungan antar bagian teks jelas
4

Komunikasi cukup efektifumumnya konsistendengan bentuk teks khususorganisasi dan urutanungkapan umumnya tertata dengan baik dan teraturhubungan antar bagian teks umumnya jelas
3

Komunikasi kadang cukup efektifkonsisten bentukteks khusus kadang terabaikanpenataan ungkapankadang sulit diikutihubungan antar bagian tekskadang tidak jelas
2

Komunikasi tidak efektifmaksud tidak jelastidakmengikuti bentuk teks khususpenataan dan urutanungkapan antar bagian teks tidak jelas.
1

Tidak bisa dipahami sama sekalimangabaikanbentuk teks khusustidak ada penataan teks.

Kesesuaian bahasa
Bahasa yang digunakan sangat sesuai dengan bentukteks yang diberikan dan konteks komunikasi
4

Umumnya bahasa yang digunakan sesuai denganbentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi
3

Bahasa yang digunakan tidak konsisten denganbentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi
2

Bahasa yang digunakan tidak sesuai dengan bentukteks yang diberikan dan konteks komunikasi
1

Bahasa yang digunakan sangat buruk

Kelayakan bentuk
Layout, spelling, capitalization, dan neatness sangatmemenuhi aturan-aturan teks (genre)
4

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness umumnya memenuhi aturan-aturan teks (genre)
3

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness sebagian memenuhi aturan-aturan teks (genre)
2

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness umumnya tidak memenuhi aturan-aturan teks(genre)
1

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness tidak memenuhi aturan-aturan teks (genre)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TES IT (MATERI PEMBERLAJARAN Aku merawat tubuhku)

MATERI PEMBERLAJARAN   Hari/Tanggal                : Selasa , 30 November 2021 Tema                            : Diriku Subtema 3 ...