Minggu, 03 November 2019

Aksara Lampung,senin 4 November 2019

RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah        :  SD AL AZHAR 1
Mata pelajaran      :   BAHASA LAMPUNG
Kelas / Semester        :   VI c VId/I
Pertemuan           :   4
Alokasi Waktu         :   2 x 35 menit
KOMPETENSI INTI (KI) DAN KOMPETENSI DASAR (KD(
I. Kompetensi Inti (KI)
KI – 1.Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI – 2  Memiliki perilaku jujur,disiplin,tanggung jawab,santun,peduli,dan percaya       diri dalam berintegrasi dengan keluarga,teman dan guru 
KI – 3 Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati , menanya dan mencoba dengan bahasa lampung berdasarkan rasa ingin tentangdirinya,mahluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,di sekolah dan tempat bermain.
 KI – 4 Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,menanya dan mencoba dengan bahasa lampung berdasarkan rasa ingin tentang dirinya ,mahluk ciptaan tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang di jumpainya di rumah,di sekolah dan tempat bermain.  

II. Kompetensi Dasar (KD)  
3.1 Memahami informasi dari teks serita (tentang pahlawan dari lampung ) melalui bantuan guru dan teman dalam mengartika dan membuat ringkasan menggunakan bahasa lampung.
4.1 Menyusun ringkasan teks cerita bahsa lampung secara lisan dan tulisan.. 
          Indikator 
1. Mempu membaca bahasa lampung dalam aksara lampung.
2. Mampu menemukan pokok-pokok cerita untuk menyususn ringkasan tentang globalisasi secara lisan maupun tulisan 
3. Mampu melengkapi kalimat dengan kata pengaruh globalisasi
4. Mampu menulis kalimat beraksara lampung,

III. Tujuan Pembelajaran
peserta didik  mampu :
Melafalkan teks bacaan tentang pahlawan lampung radin intan II   dengan benar
Menerjemahkan teks bacaan tentang pahlawan lampung radin intan II dengan benar.
Menjawab pertanyaan tentang pahlawan lampung radin intan II
IVMateri Pembelajaran
  Tema 4. Pahlawan Jak Lampung Radin Intan II

V. Metode Pembelajaran 
1. Ceramah 
2. Demonstrasi
VI. Sumber/ Media Pembelajaran
       Buku paketKamus Bahasa Lampung


VII. Proses Pembelajaran
Kegiatan pendahuluan/Apersepsi
1) Guru mengucapkan salam dan berdoa bersama. 
2) Guru membiasakan mengajak peserta didik membuka pelajaran dengan Bahasa Lampung.          
3) Guru memeriksa kehadiran, kerapian berpakaian ,posisi tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
4) Guru menyapa peserta didik dengan memperkenalkan diri kepada peserta didik.
5) Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
Kegiatan inti
• Mengamati
Peserta didik mengamati bacaan pahlawan lampung radinintan II   
• Menanya 
Peserta didik bertanya tentang hal-hal yang terkait dengan bacaan pahlawan lampung radin intan II
Eksplorasi/eksperimen
Peserta didik melalui belajar kelompok berlatih  menjodohkan kosa kata dengan terjemahannya 
• Mengasosiasi Menalar
Peserta didik menjawab pertanyaan yang diberikanoleh guru yang berkaitan dengan kosa kata danterjemahannya pahlawan lampung radin intan II

• Mengkomunikasikan 
Peserta didik mampu mendemonstrasikan tanya jawab dengan temannya berkaitan dengan pahlawan lampung radin intan II dengan kalimat sederhana
Penutup
• Guru mengadakan refleksi hasil pembelajaran
• Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran
• Guru mengadakan tes tulis/lisan
• Guru memberikan pesan-pesan moral terkait dengan materi atau penanaman sikap, baik spiritual maupun sosial
• Guru menjelaskan secara singkat materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya
• Guru mengajak berdoa dan diakhiri dengan salam

VIIIPenilaian
1. Tes li
2. san
a.Tahun pigha radin intan II dilahirkan ?
b.api gelaghni benteng sai ditakghluko bakni radin intan dalam melawan tentagha belanda ?. 
Contoh : Rubrik penilaian Tes Lesan



No.

Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian


Total Skor

Ketuntasan
Tindak
Lanjut


Pelafalan
Kelancaran
Kosakata
Struktur

T
TT
R
P
1.










2.










3.











Deskripsi

Aspek Penilaian
Deskripsi
Skor
Pelafalan
Mudah dipahami dan memiliki aksen penutur asli
5

Mudah dipahami meskipun dengan aksen tertentu
4

Ada masalah pengucapan yang membuat pendengarharus konsentrasi penuh dan kadang-kadang adakesalahpahaman
3

Sulit dipahami karena ada masalah pengucapansering diminta mengulangi
2

Masalah pengucapan serius sehingga tidak bisadipahami
1
Kelancaran
Lancar seperti penutur asli
5

Kelancaran tampak sedikit terganggu oleh masalahbahasa
4

Kelancaran agak banyak terganggu oleh masalahbahasa
3

Sering ragu-ragu dan terhenti karena keterbatasanbahasa
2

Bicara terputus-putus dan terhenti sehinggapercakapan tidak mungkin terjadi
1
Kosa kata
Menggunakan kosa kata dan ungkapan sepertipenutur asli
5

Kadang-kadang menggunakan kosa kata yang tidaktepat
4

Sering menggunakan kosa kata yang tidak tepatpercakapan menjadi terbatas karena keterbatasankosa kata
3

Menggunakan kosa kata secara salah dan kosa kata terbatas sehingga sulit dipahami
2

Kosa kata sangat terbatas sehingga percakapan tidakmungkin terjadi
1
Struktur
Tidak ada atau sedikit kesalahan tata bahasa
5

Kadang-kadang membuat kesalahan tata bahasatetapi tidak mempengaruhi makna
4

Sering membuat kesalahan tata bahasa yang mempengaruhi makna
3

Banyak kesalahan tata bahasa yang menghambatmakna dan sering menata ulang kalimat
2

Kesalahan tata bahasa begitu parah sehingga sulitdipahami
1
Pemahaman
Memahami semua tanpa mengalami kesulitan
5

Memahami hampir semuanyawalau adapengulangan pada bagian tertentu
4

Memahami sebagian besar apa yang dikatakan bilabicara agak diperlambat walau ada pengulangan
3

Susah mengikuti apa yang dikatakan.
2

Tidak bisa memahami walaupun percakapansederhana
1

3. Tes Tulis
1.Terjemahkan kata-kata berikut !
a. pik ko 
b. juk pandai
Contoh : Rubrik penilaian Tes Tulis 



No.

Nama Peserta Didik
No. Soal 


Total Skor

Ketuntasan
Tindak
Lanjut


1
2
3
4
5

T
TT
R
P
1.











2.











3.












a. Keterampilan membaca nyaring.



No.

Nama Peserta Didik
Aspek Penilaian


Total Skor

Ketuntasan
Tindak
Lanjut


Kelancaran
Akurasi
Pelafalan
Intonasi

T
TT
R
P
1.










2.










3.












Deskripsi

Aspek Penilaian
Deskripsi
Skor
Kelancaran
Sangat lancar
4

Lancar
3

Lancartetapi masih tersendat
2

Sering tersendat
1
Akurasi
Semua ucapan dipahami
4

Sebagian besar ucapan sudah dapat dipahami
3

Sebagian kecil ucapan sudah dapat dipahami
2

Semua ucapan tidak dapat dipahami
1
Pelafalan
Semua ucapan benar
4

Sebagian besar ucapan benar
3

Sebagian kecil ucapan sudah benar
2

Hampir semua ucapan tidak benar
1
Intonasi
Tekanan/irama semua kata, frasakalimat benar
4

Tekanan/irama sebagian besar kata benar
3

Tekanan/irama sebagian kecil kata benar
2

Tekanan/irama semua kata salah
1

b. Keterampilan menyusun kalimat.

Aspek Penilaian
Deskripsi
Skor
Kesesuaian isi
Menanggapi tugas dengan sempurnapembahasansempurnainformasi relevan dan tepatinterpretasisangat kuat dan mendukung.
4

Mampu menanggapi tugaspembahasan mampuinformasi umumnya relevan dan tepatinterpretasiumumnya mendukung.
3

Kurang mampu menanggapi tugaspembahasandapat diterima tapi kadang tidak konsisteninformasi kadang tidak relevan/tidak tepatinterpretasi kadang tidak konsisten dengan fakta.
2

Tidak bisa menanggapi tugaspembahasan tidaklengkap dan tidak konsisteninformasi sering tidakrelevan/tidak tepatinterpretasi tidak konsistendengan fakta.
1

Mengabaikan atau kurang memahami tugas; minim pembahasaninformasi dan interpretasi tidakrelevan.


Kesesuaianlangkah retorika
Komunikasi efektifsangat konsisten dengan bentukteks khususungkapan tertata dengan baik danteraturhubungan antar bagian teks jelas
4

Komunikasi cukup efektifumumnya konsistendengan bentuk teks khususorganisasi dan urutanungkapan umumnya tertata dengan baik dan teraturhubungan antar bagian teks umumnya jelas
3

Komunikasi kadang cukup efektifkonsisten bentukteks khusus kadang terabaikanpenataan ungkapankadang sulit diikutihubungan antar bagian tekskadang tidak jelas
2

Komunikasi tidak efektifmaksud tidak jelastidakmengikuti bentuk teks khususpenataan dan urutanungkapan antar bagian teks tidak jelas.
1

Tidak bisa dipahami sama sekalimangabaikanbentuk teks khusustidak ada penataan teks.

Kesesuaian bahasa
Bahasa yang digunakan sangat sesuai dengan bentukteks yang diberikan dan konteks komunikasi
4

Umumnya bahasa yang digunakan sesuai denganbentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi
3

Bahasa yang digunakan tidak konsisten denganbentuk teks yang diberikan dan konteks komunikasi
2

Bahasa yang digunakan tidak sesuai dengan bentukteks yang diberikan dan konteks komunikasi
1

Bahasa yang digunakan sangat buruk

Kelayakan bentuk
Layout, spelling, capitalization, dan neatness sangatmemenuhi aturan-aturan teks (genre)
4

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness umumnya memenuhi aturan-aturan teks (genre)
3

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness sebagian memenuhi aturan-aturan teks (genre)
2

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness umumnya tidak memenuhi aturan-aturan teks(genre)
1

Layout, spelling, verb conjunction, punctuation, accents, agreements, capitalization, dan neatness tidak memenuhi aturan-aturan teks (genre)



VI.  Tugas.
1. Artiko teks cerita Radin Intan II kedalam aksara lampung ?
Nama
: ...................
Kelas   : ...................
No. Induk
: ...................
Bulan   : ...................

Format bentuk laporannya :




No.

TanggalHari
Teks Bahasa lampung yang pernah di baca
Paraforang tua
Paraf Guru


Teks
Terjemah
Kaidah yang dapat ditemukan
Keterangan sumber teks


1







2







3







Dst








Skor penilaian sebagai berikut.
a.  Jika  peserta  didik  dapat  mengumpulkan  tugasnya tepat  pada  waktu  yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benarnilai 4,00
b.  Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnyasetelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamati serta alasannya benarnilai 3,00
c.  Jika peserta didik dapat mengumpulkan tugasnyasetelah waktu yang ditentukan dan perilaku yang diamatiserta alasannya sedikit ada kekurangannilai 2,00


         Mengetahui                                                             Bandar lampung, 27 oktober 2019
         Kepala Sekolah,Guru Bidang Studi




Hermiliati, S.PdSri Rahayu, S.Pd
             NIP. 195511111978042002







Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TES IT (MATERI PEMBERLAJARAN Aku merawat tubuhku)

MATERI PEMBERLAJARAN   Hari/Tanggal                : Selasa , 30 November 2021 Tema                            : Diriku Subtema 3 ...