Jumat, 30 Agustus 2019

Materi Ajar , jumat 30 agustus 2019

kelas VIc VId

A.  Pelajaran 2 Mari kita lindungi Hewan Badak

1. Perhatikan gambar dan cerita dibwah diskusikan bersama temen-teman se kelompok kemudian ceritakan ke depan kelas!

     Mari Kita Lestarikan Hewan Badak

Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), adalah satu-satunya badak Asia yang memiliki dua cula. Badak Sumatera adalah badak yang memiliki ukuran terkecil dibandingkan semua sub-spesies badak di dunia, meskipun masih tergolong hewan mamalia yang besar. Populasi terbesar dan mungkin paling memadai untuk berkembang biak (viable) saat ini terdapat di Sumatera, sementara populasi yang lebih kecil terdapat di Sabah dan Semenanjung Malaysia. populasinya di alam saat ini diperkirakan kurang dari 300 ekor. Meskipun demikian, indikasi yang ada menunjukkan jumlah populasi sebenarnya lebih rendah dari perkiraan tersebut. Satwa ini termasuk dalam klasifikasi satwa kritis yang terancam punah (critically endangered) - dalam daftar mrah spesies terancam lembaga konservasi dunia, IUCN.

Habitat Badak Sumatera mencakup hutan rawa dataran rendah hingga hutan perbukitan, meskipun umumnya satwa langka ini sangat menyukai hutan dengan vegetasi yang sangat lebat. Badak Sumatera adalah penjelajah dan pemakan buah (khususnya mangga liar dan buah fikus), daun-daunan, ranting-ranting kecil dan kulit kayu. Mereka lebih menyukai dataran rendah, khususnya di hutan-hutan sekunder di mana banyak terdapat sumber makanan yang tumbuh rendah. Badak Sumatera hidup di alam dalam kelompok kecil dan umumnya menyendiri (soliter).

2. Jawab pertanyaan dibawah ini!

Dialek A
1. selain hewan gajah, hewan api lagi si dilindungi di taman nasional wai kambas

2.  Api cacakan hiwan badak sina dalom bahasa latin ?

3. Api gawph macem-macem tetumbuhan (flora) si wat di Taman Nasional Wai kambas ?

4. Api manfaarni pelestaghian tetumbuhan guwai giwan ghik manusia ?

5. Api bahaya sai dapok tembul ki pulan bela di tebang hulun ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TES IT (MATERI PEMBERLAJARAN Aku merawat tubuhku)

MATERI PEMBERLAJARAN   Hari/Tanggal                : Selasa , 30 November 2021 Tema                            : Diriku Subtema 3 ...